March 18, 2017

Lubang Jepang Bukit Tinggi

Lubang Jepang Bukit Tinggi merupakan salah satu objek wisata sejarah peninggalan penjajahan jepang yang ada di kota Bukit Tinggi Provinsi Sumatera Barat. Lubang jepang merupakan sebuah terowongan atau bunker sebagai tempat perlindungan yang dibangun oleh tentara pendudukan jepang 3 tahun sebelum indonesia merdeka sekitar tahun 1942 untuk kepentingan pertahanan. Lubang Jepang dibangun sebagai tempat penyimpanan perbekalan dan peralatan perang tentara jepang . Lubang Jepang ini panjangnya yang mencapai 1,4 Km yang didalam nya berkelok kelok dengan lebar sekitar 2 meter. Didalam terewongan ini terdapat sejumlah ruangan khusus diantaranya:

1. Pintu Masuk
2. Ruang Amonisi
3. Pintu Pelarian
4. Barak Militer
5. Ruang Rapat
6. Ruang Makan
7. Penjara
8. Dapur
9. Pintu Penyergapan
10. Pintu Keluar
11. Pintu Penghubung
Lubang Jepang Bukit Tinggi

Lubang Jepang terletak dilokasi yang stratergis ketika itu bukit tinggi yang menjadi pusat pemerintahan sumatera tengah, tanah yang menjadi dinding terowongan ini merupakan jenis tanah yang jika becampur air akan semakin kokoh. Bahkan ketika gempa yang mengguncanh sumatera barat pada tahun 2009 tidak banyak merusak struktur terowongan.

Untuk membuat terongan yang besar dan panjang ini, diperkirakan puluhan sampai ratusan ribu tenaga kerja paksa yang dikenal dengan istilah romusha dikerahkan dari pulau jawa, sulawesi dan kalimantan untuk menggali terowongan ini. Pemeliha tenaga kerja dari luar daerah merupakan strategi kolonial jepang untuk menjaga kerahasiaannya. Tenaga kerja dari bukit tinggi dan sekitarnya dikerahkan dinataranya untuk membuat terowongan pertahanan dibanding dan pulau biak.

Silakan tambahkan komentar sesuai dengan topik dan komentar dengan link akan dihapus, terima kasih.
EmoticonEmoticon