Perilaku Manusia di Dunia Maya. Kenapa harus membagikan foto saat makan, atau bepergian ke media sosial, untuk dilihat orang lain?

Perilaku Manusia di Dunia Maya. Kenapa harus membagikan foto saat makan, atau bepergian ke media sosial, untuk dilihat orang lain?
Propellerads

Perilaku Manusia di Dunia Maya
Dunia maya terutama aktif di media social tidak heran lagi melihat foto teman, atau keluarga setiap makan di restoran selfie trus upload, pergi jalan-jalan selfie trus upload di media soasial, ikut pelatihan selfie trus upload lagi dimedia social. Kenapa harus membagikan foto saat makan, atau bepergian ke media sosial, untuk dilihat orang lain?. Itulah perilaku manusia saat ini dimedia social yang suka pamer, benarkan ?.

Pertanyaan diatas rasanya patut untuk dijawab karena kita selalu melihat itu. Untuk jawaban sudah pasti nanti akan beragam karena berbeda cara memandangnya, tidak masalah beda jawaban.

Jawaban pertama terkadang ia memang dia ingin memamerkan keadaannya, memamerkan keadaan pekerjaannya, memaerkan keadaan apa yang dia miliki. Ingin pamer bisa foto dengan teman-temannya, ingin pamer bisa foto dengan kalangan elit misalnya foto dengan anise atau sandi yang menang hitungan cepat pilkada DKI. Ada juga yang suka pamer foto ketika bersama dengan masyarakat biasa. Kedua nya tidak masalah, dan keduanya adalah pamer. Keduanya adalah cara untuk membangun pencitraan. Tentu saja pencitraan sangat penting. Dikala ia foto dengan para elit dia bangga bisa bersama dengan orang elit, artinya dia juga termasuk kalangan elite. Pamer foto dengan masyarakat biasa menunjukkan dia dekat dengan masyarakat, membangun citra yang bagus, bisa jadi ingin menjadi anggota dewan periode berikutnya.

Tapi tidak sedikit juga orang menggunakan media sosial untuk membangun komunikasi dengan teman, memberi informasi kepada keluarga dia sedang pergi jalan-jalan ke daerah kamu, kami sedang bermain di pantai dekat kota mu.

Ada juga yang menggunakan media sosial adalah sebagai media promosi, ada juga yang memanfaatkan sebagai media mempengaruhi. Misalkan saja dimanfaatkan sebagai media propaganda dengan membuat sebuah laman atau grup. Dalam laman atau grup yang dibangun membuat sebuah statmen untuk mempengaruhi pikiran, ada yang bersifat postifi, dan tidak sedikit juga bersifat negative. Dalam kampanye ini sangat mempengaruhi, misalkan saja apa yang dilakukan oleh jokowi dan ahok ketika ingin maju menjadi DKI 1 memanfaatkan media sosial dalam mempengaruhi sehingga bisa menang. Tidak lupa juga dengan pemilihan yang barusan semua team suskses menggunakan media sosial dalam propaganda menjalin komunikasi mempengaruhi pikiran untuk memilih.

Propaganda yang kita lihat dimedia sosial Indonesia tidak hanya pada isu politik, tapi sudah kita lihat propaganda yang membawa isu sara, kependtingan golongan dan ada juga kepentingan individu. Kita lihat propaganda yang ada tidak mementingkan apa yang disampaikan itu adalah sebuah kebenaran atau fakta, yang penting bagi mereka si propokator adalah mengiring pikiran seseorang untuk sampai bertindak sesuai keinginannya.

Terkadang yang terjadi lagi oleh pengguna media sosial adalah dia tidak mengetahui apa yang disampaikan dalam media tersebut sehingga ikut-ikutan membagikan. Tidak lama, masih ingat isu yang menakutkan kalangan orang tua adanya penculikan anak, isu beredar degan cepat |hoax| sampai ke penjuuru seluruh tanah air. Cepat sekali, belum ada bukti fakta langsung bagikan.

Media sosial sudah menjadi kebutuhan, ya. Kalau tidak menjadi kebutuhan manusia mediao sosial tidak akan jadi industry yang begiti cepat berkembang.

Saya juga membutuhkan media sosial, saya juga sering membagikan foto, kegiatan dan lainnya di media sosial, saya juga nasris di media sosial, saya juga membagikan informasi-informasi dimedia sosial, karena saya juga membtuhkan media sosial. Saya yang juga sebagai blogger menikmati media sosial debagai media promosi, membagikan informasi terkait yang ada dalam potingan saya termasuk tulisan ini. Kita manfaatkan media sosial dengan maksimal untuk membangun citra kita, tidak salah. Yang tidak bagus adalah membangun citra palsu. Orang miskin berlagak kaya. Korup, tapi sok suci. Atau, membangun citra yang berlebihan. Kalau isi media sosial Anda hanya pamer kekayaan, apakah Anda tidak punya hal lain dalam hidup?

Referensi :

Propellerads
Admin
Tutorial Salim adalah sebuah blog berkembang tentang tutorial, teknologi dan solusi yang dikelola oleh seorang abdul salim. Silahkan berikan komentar, kritik dan saran untuk kemajuan blog Tutorial Salim.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Silakan tambahkan komentar sesuai dengan topik dan komentar dengan link akan dihapus, terima kasih. Show Parse Tool Hide Parse Tool


Propellerads