April 29, 2016

Cara Mebuat daftar isi pada blog

Mengurus blog adalah sebuah pekerjaan yang rumi-rumit mudah. Banyak para blogger pemula saat ini tumbuh dengan pesat tapi mereka tidak berkembang. Mereka dengan cepat tumbuh bahkan lebih mudah dibandingkan  kecambah, mereka bisa membuat blog dengan waktu singkat, saking singkatnya ada yang bisa membuat sebuha blog hanya 10 menit. Sungguh proses tumbuh yang sangat cepat. Tentu saya mengapresiasi langkah cepat tumbuh membuat blog di zaman sekarang ini. Tapi harapan kita semua adalah bagaimana blog yang telah ditumbukan itu dikembangakan dibangun dengan desain unik cantik ramah dan yang utama adalah memiliki isi konten yang unik dan berharga bagi pembaca.

Permasalahan yang timbul setelah itu adalah mereka yang tumbuh dengan cepat tadi layu dengan cepat juga. Mereka tidak bisa mengurus blognya dengan baik. Salah satu dari mengurus blog adalah mebuat Daftar Isi atau nama kerennya sitemap. Salah satu ciri Blog yang baik adalah blog yang memiliki daftar isi. Kenapa penting sitemap pada blog ?, Blog adalah akan menjadi kumpulan tulisan tulisan yang didalamnya yang dikelompokkan dalam kategori-kategori. Jika blog anda sudah berumur lebih dari 1 tahun tentu tulisan anda dalam blog sangatlah banyak, untuk menyususnnya dengan rapi maka dibutuhkan sitemap. dengan sitemap para pembaca bisa langsung melihat apa saja tulisan yang ada di blog anda. Sama halnya dengan buku, setipa bukupasti memiliki daftar isi, dengan tujuan untuk mempermudah pembaca. Blog juga demikina memiliki daftar isi.

Selain dari daftar isi, Ciri lain dari blog yang baik adalah memiliki About, Contact, Disclaimer, Privacy Policy.


Daftar isi sangat diperlukan dalam blog, karena daftar isi akan memudahkan pengunjung blog untuk mengetahui descripsi blog yang sedang dia baca. Dari daftar isi pembaca mengetahui tulisan-tulisan apa saja yang ada di blog anda. 

Karena daftar isi adalah salah satu ciri blog yang baik, maka pada tulisan ini saya akan membagikan cara membuat daftar isi yang baik, Cara membuat daftar isi ini baik, karena saya membuat daftar isi pada blog saya ini. Keunggilan dari daftar isi ini adalah memiliki warna pembeda yang jelas antara Label dan Isi dari Label. 

Dalam daftar isi blog, Label itu dikenal dengan judul kalau kita analogikan dengan daftar isi buku, dan judul postingan atau artikel itu adalah subbab nya. Untuk lebih pahammnya silahkan lihat contoh daftar isi dibawah.
daftar isi blog
Nah baguskan daftar isinya. Gambar dia atas contoh daftar isi yang ada di blog tutorial salim. Ibaratkan sebuah buku, blog tutorial salim memiliki tiga BAB dan dalam bab itu nanti akan banyak sub bab nya. Kalau digambar di atas ya sedikit subbab nya Kalau mau melihat daftar isi blog salim klik disini Daftar Isi.

Bagaimana menurut anda ?, saya  yakin anda akan mudah menukan banyak hal dengan mudah jika melihat daftar isi bacaan anda. Saat ini anda membaca blog tutorial salim, dengan melihat dari daftar isi tutorial salim anda mudahmeihat semua isi yang ada di tutorial salim.

Berdasarkan latar belakang di atas maka saya sarankan anda para blogger pemula untuk membuat daftar isi blog anda. Karena degan adanya daftar isi akan sangat membantu para pembaca blog anda nantinya.

Jika anda tertarik dengan daftar isi seprti di atas, maka inilah tujuan saya membuat tulisan ini yaitu Cara Mebuat daftar isi pada blog. Silahkan simak clangkah-langkahnya dibawah.

Cara Mebuat daftar isi pada blog

1# Slahkan anda copy HTML dibawah ini. Ingat nanti anda harus mengganti tutorialsalim yang bertisan merah pada htmlnya dengan blog anda

<style type="text/css">
#toc{
width:99%;
margin:5px auto;
border:1px solid #2D96DF;
-webkit-box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2);
-moz-box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2);
box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2);
}
.labl{
color:#FF5F00;
font-weight:bold;
margin:0 -5px;
padding:1px 0 2px 11px;
background:-moz-linear-gradient(right,#C2EAFE 0%,#055A85 40%);
background:-webkit-gradient(linear,left 10,right 80,color-stop(0.20,#055A85),color-stop(1,#C2EAFE));
border:1px solid #2D96DF;
border-radius:4px;-moz-border-radius:4px;
-webkit-border-radius:4px;box-shadow:3px 3px 1px #bbb;
-moz-box-shadow:3px 3px 1px #bbb;-webkit-box-shadow:3px 3px 1px #bbb;display:block;
}
.labl a{
color:#fff;
}
.labl:first-letter{t
ext-transform:uppercase;
}
.new{
color:#FF5F00;
font-weight:bold;
font-style:italic;
}
.postname{
font-weight:normal;
background:-moz-linear-gradient(right,#C2EAFE 0%,#fff 40%);
background:-webkit-gradient(linear,left 80,right 10,color-stop(0.60,#fff),color-stop(1,#C2EAFE));
}
.postname li{
border-bottom: #ddd 1px dotted;
margin-right:5px
}
</style>
<div id="toc">
<script src="https://googledrive.com/host/0ByNodV_m9cVLR0pmWFgwZ1NmdW8/" type="text/javascript"></script>
<script src="http://tutorialsalim.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc">
</script></div>
2# Silahkan anda masuk ke blog anda https://www.blogger.com 

3# Silahkan anda pilih page atau laman blog anda
daftar isi blog

4# Silahkan anda klik Laman Baru atau New Page
 5# Silahkan Pastekan kode tadi. Ingat anda harus menggantikan tulisan bewarna merah tadi

6# Sebelum anda Publish akan, ini penting menurut sata, Silahkan Klik pada komentar pembaca jangan bolehkan, sembunyikan yang ada

daftar isi blog
7# Publiskan (Selesai)

Itulah cara singkat membuat daftar isi pada blog dari saya, Jika langkah ini anda lakukan pada blog anda, maka blog anda akan tampil lebih sempurna dan blog anda telah memenuhi salah satu ciri blog yang baik.

Slahkan anda buat daftar isi blog anda sekrang, anda bisa menggunakan cara dari tutorial salim, atau cari cara lain yang ada di google, sangat banyak cara membuat daftar isi blog. Silahkan anda bagikan pada rekan blogger anda cara membuat daftar isi blog, sehingga blog mereka memiliki daftar isi.

Sekian dulu cara membuat daftar isi pad blog dari saya, selalu pantau saya dengan informasi yang berbeda tentang Bloh, komputer dan internet.

Silakan tambahkan komentar sesuai dengan topik dan komentar dengan link akan dihapus, terima kasih.
EmoticonEmoticon