October 10, 2016

Cara memastikan informasi resmi dari website resmi

Perkembangan dunia sekarang semua urusan dipermudah dengan menggunakan teknologi. Semua kalangan mengikuti perkembangan itu. Termasuk pihak swasta, pemerintah memanfaat teknologi untuk urusannya. Salah satunya yang banyak diterapkan adalah untuk menyampaikan informasi lowongan pekerjaan dan pendaftaran online. Bahkan menggunaka teknolgi untuk mempermudah layanan publik sudah dianjurkan oleh menpan. Dalam hal pelayanan publik yang menggunakan teknologi untuk mempermudah masyarakat salah satunya diterapkan oleh polres sidoarjo dalam pengurusan SKCK.
contoh resmi
Gambar diatas hanyalah contoh sebagian dari sekian banyak email dan website resmi

Penepan teknologi sangat disambut oleh masyarakat, sehingga mempermudah dan mempercepat pengurusan pelayanan publik, dan cepatnya informasi sampai ke publik. 

Tapi ada yang perlu diperhatikan, public harus tahu bagaimana memilih informasi itu resmi dikeluarkan oleh situs resmi. Bukannya saya mengatakan banyak informasi tidak resmi, tapi keperluan hati-hati melihat sumber informasi tersebut.

Misalkan saja, informasi lowongan pekerjaan. Kalau infomasi ini sangat banyak para blogger yang menjadikan bisnis untuk meraup untung dari online. Maka PENTING melihat sumber resminya. 

Tidak salah mendapatkan informasi dari blog blog pribadi semisal loker. Informasi yang disampaikan para blogger pada umumnya semua adalah untuk mempermudah masyarakat mendapatkan informasi dengan cepat. Tapi yang nama nya dunia perlu kehati-hatian itu. 

Jika mendapatkan informasi dari blog maka sumbernya lah yang utama dilihat. Kebiasaannya para blogger menuliskan sumbernya terletak paling bawah informasi tersebut. Jika tidak ada sumber maka perlu di searching kembali, cari yang memiliki sumber. 

Tujuannya adalah dengan melihat sumber resmi untuk menghindari tindakan PENIPUAN oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. 

Kalau masala tindakan penipuan banyak didunia maya.. Bisa saja orang membuat informasi lowongan kerja, tapi informasi itu bukan dikeluarkan oleh pihak penerima lowongan kerja. Atau penah juga saya temukan informasi yang disampaikan dalam lowonga  kerja tersebut semuda data benar-benar data perusahaan atau instansi. Tapi pengiriman berkasnya melalui akun email tidak resmi dari perusahaan atau instansi.

Jika anda seorang pencari kerja, maka untuk menlihat informasi resmi tersebut yang perlu diperhatikan domain websitenya.

Instansi Pemerintah.
Jika informasi resmi dari pemerintah. Lowongan kerja dari pemerintah (kementrian, pemda, badan dll) Lihat domain websitenya .go.id
Misalka
http://seleksisdmpkh2016.kemsos.go.id 
http://sscn.bkn.go.id/
http://panselnas.menpan.go.id/
https://cpns.bpk.go.id/
http://cpnsonline.menlhk.go.id

Dari perusahaan atau PT dan BANK
Jika perusahaan pastikan website resminya. Kalau perusahaan indonesia bisanya menggunakan domain .co.id

http://recruitment.ptpp.co.id/
http://recruitment.pertamina.com
https://recruitment.btn.co.id/
https://rekrutmen.pln.co.id
https://rekrut.kereta-api.co.id/
e-recruitment.bri.co.id/

Jika pendaftaran melalui email pastikan juga emailnya adalah email perusahaan yang ber lebel domain email perusahaan
Misal :
budir@sucofindo.co.id  
salim@pusri.co.id

Silakan tambahkan komentar sesuai dengan topik dan komentar dengan link akan dihapus, terima kasih.
EmoticonEmoticon